Pages

Selasa, 02 Desember 2014


TUGAS CERPEN
SAHABAT YANG BARHIANAT

 Namaku zein aku akn menceritakan sahabatku yang menggheanati sahabatku sendiri,ini lah ceritnya  pada pagi yang cerah bersama kabut dan air embun membuat hati merasa gembira.rasa gembira
Pada hati tiga sahabat kami yakni zein , sari, noviana 
kami bertiga sudah sahabatan sejak lama.jadi sedikitpun tak ada rasa benci di antara mereka.mereka sekolah di SMA dua mataram
“hai,sar kamu lihat nov kah?”tanya ku kepada sari
“hai,juga zein…aku dari tadi gak lihat iva tuh”jawab sar
“kira kira dia kemana yah?”Tanya ku.
“emangnya ada apa sih al?”tanya sar dengan nada bingung.
“gak ada apa apa sih,eh nanti kita ke sanggar tari mu yah?”tanya  ku
“iya,dong aku punya gerrakkan baru nih!”jawab ku
“hai……… lagi ngomongin apaan sih?”tanya novi yang datang tiba tiba.
“ih…..va kamu bikin kaget kita aja deh!”jawab novi.
“iya,kita lagi ngomongin latihan!”ucap sari
“oh…pulang sekolah nanti dong?”tanya novi
“kenapa?kamu gak bisa yah?”tanya sari.
“ya…bissa dong masa untuk sahabat sendiri gak bisa sih!”jawab novi.
noviana adalah salah satu dari mereka yang sudah memiliki kekasih,namanya risky..risky memang bedakelas sama mereka tapi mereka satu sekolah.noviana  sayang banget sama risky dia gak mau sampai kehilangan risky.
Tiba tiba suara bel telah berbunyi,semua anak anak segera masuk keruangan masing masing,termasuk tiga sahabat ini.
“anak anak keluarkan tugas rumah kalian masing masing!”ucap guru bahasa inggrisku,mister sartona
“oke,sir!”jawab murid kelas dua SMA dengan serempak.
Zein  adalah murid yang tidak populer di kelas maupun disekolahnya,tapi dia jago banget bahasa inggrisnya.
“zein …..do you study english every day?”tanya mister sartono kepada zein.
“yes sir,I study english every day!”jawab ku.
“oh……….is english difficult to be learn?”tanya mister sartono
“yes,it is in the begenning,but it sometimes becomes earser little by little.”jawab ku.
“thanks zein,you speak english with right!”puji mister sartono.
“you are welcom sir!”jawab ku.
“Pelajaran bahasa inggris kita sampai disini aja,minggu depan kita lanjutkan lagi,oke see you Wednesday!”ucap mister sartono
“see you too,sir!”ucap semua murid sambil bergegas pulang.
Aku  ,dan sari sudah menunggu novi di parkir samping mobil tika.
“sory yah nunggu lama,soalnya pelajaran biologgi nih jadi banyak banget yang di bahas”ucap tika dari belakan niva sambil menepuk bahunya
“gak papa kok,santai aja lagi kan kita friend harus tetap bersabar”ucap ku.
“yaudah yuk berangkat,ingat waktu,time is money…oke girls!”ucap iva
“oke….lets go!”teriak ku
Di perjalanan kami  tidak berhenti berhentinya mengomongkan masalah dance  yang kami ingin buat, kami  ini memang sangat dekat banget,bisa dibilang seperti ulat dan kepompong aja deh.
“yuk turun udah sampe nih”ucap ku
“oke,go kita langsung dance yah!”ucap sari tanpa basa basi
Kami  langsung memasuki ruang yang sering kami  pakai untuk latihan nari,ruangan ini sengaja kami  buat untuk latihan kami.
“aku setel musiknya dulu yah,kalian susun barisannya aja!”ucap novi
“siap boss ku!”ucap ku dan  sari
Lagu pun sudah terdengar dan mereka langsung menari dengan indah,pokoknya is the best banget deh,mereka memang sangat kompak.
“break dulu yuk…cape banget nih”keluh  ku
“iya nih malah aku belum makan juga nih,laparnya minta ampun”ucap ku
“uh dasar cerewet banget sih,yaudah pesan pizza sana,tenang aku yang teraktir kok”ucap sari.
“oke,tumben baik banget!”jawab novi ku novi dengan girang
Iva langsung menelfon pizza untuk mengantarkan seporsi pizza spesial untuk kami.
Ting….tung…..ting…….tung……,tiba tiba bunyi bel di depan ruang latihan berbunyi seperti ada yang memencetnya.
aku  pun langsung membuka pintu depan untuk mengetahui siapa yang datang.
Pintu pun langsung dibuka dan tampak seorang pengantar pizza membawa sekotak pizza jumbo yang wanginya membuat perut aliya keroncongan.
“wah pizzanya sudah datang,sar,nov sini dong cepat”teriak ku sambil mengambil kotak pizza itu.
“iya ,disini benarkan tempat latihannya ?”tanya pengantar pizza itu
“iya benar sebentar yah”ucap nov
“ini pak uang pizzanya,terima kasih yah!”ucap ku sambil memberikan uang kepada pengantar pizza itu.
“terimakasih juga mbak”ucap pengantar pizza itu
Kami  segera menutup pintu dan membuka kotak pizza itu.
“hem….yeli wenak tenan”ucap ku  sambil mengeluarkan lidahnya
“yuk serbu”ucap sari dan nov sambil mengambil sepotong pizza lalu memakannya.
“va,ni ku suapin pizza yang wenak tenan”ucap novi sambil memasukkan pizza kedalam mulu ku
“thanks yah”ucap ku
Kami  memang sahabat yang pengertian,dimana salah satu dari kami  ada yang kesulitan pasti kami saling membantu,persahabatan kami sudah lama banget,jadi udah seperti saudara sendiri.kami tak memandang dari kaya atau miskin,bagi kami  harta tak berguna yang penting rasa kasih sayang dan persahabatan.
“pulang yuk udah hampir malam nih?”ajak ku.
“hih dasar kalau udah perut keisi aja ngajak pulang!”ucap sari.
“maklum dong aku kan mau isi daging,liat nih kurus kerempeng banget kan”ucap zein
“iya deh pulang yuk ngantuk juga nih”ucap aliya.
“yaudah,tapi kalian bareng aku kan?”tanya novi
Tiba tiba handphone sari bergetar menandakan bahwa ada pesan masuk di hpnya.
From:risky
Hai…..sari kamu lagi ngumpul sama anak anak yah?eh jangan bilang sama novi yah kalau aku sms kamu…oh ya aku Cuma mau ngajakin kamu jalan kok,nanti sore yah jam lima di taman samping plaza..kutunggu yah kedatanganmu penting.tapi ingat jangan sampai novi tau,ini untuk kebaikan kita berdua.thanks
Salam manis risky
TO:SARI
Hati sari jadi dag dig dug
“sari,sms dari siapa?”tanya novi tiba tiba
“ah…apa…oh ini sms dari sepupuku,oh yah jadi kalian pulang bareng aku kan?”ucap sari sambil mengalihkan pembicaraan.
“gak deh,kita berdua langsung ketempat nyokapku mau ada bisnis,kamu mau ikut?”ucap iva
“gak deh,aku ada janji sama sepupuku,yaudah yah aku duluan”ucap sari terlihat takut
“yaudah bay tika”ucap iva dan aliya
sari langsung bergegas masuk mobil dan pergi menuju taman yang dijanjikan oleh risky.
“ih gimana yah,aku takut kalau sampai novi tau?”ucap sari dalam mobil dengan bimbang.
sari takut dikira penghianat,karena pertama menjadi sahabat mereka,mereka sudah membuat perjanjian bahwa barang siapa yang merebut pacar sahabatnya sendiri,itu namanya penghianat.
Tring…tring….tring…tiba tiba hp tika berbunyi dan menampilkan nomor novi disitu.
sari segera menangkat telfon dari novi.
“ada apa nov?”tanya tika dalam telfon
“sar,zein mau pindah ke singapur besok!”ucap novi
“loh kamu tau dari mana nov?”tanya sari dengan nada kaget
“tadi dia sms aku”Ucap novi.
“yaudah,nanti malam jam 7 kita kerumahnya yah”ucap sari
Oke deh”jawab novi.
Tak terasa mobil sari sudah sampai di depan taman yang di tuju
Ia langsung menghampiri risky di tangga taman,dan terlihat sekali risky sedang gelisah.
“hai,sory yah nunggu lama”ucap sari sambil menghampiri risky
“oh iya gak papa kok,justru aku yang minta maaf karena mengganggu kegiatan kamu”ucap risky.
“emangnya ada apa sih kok pakai janjian di sini,kenapa gak di sekolah aja tadi?”ucap sari
“gimana yah mau ngomongnya,jadi bingung nih?”ucap risky
“gak papa kok,ngomong aja lagi nyantai aja kok”jawab sari
“sebenarnya aku suka sama kamu,dan aku berharap kamu mau jadi pacar aku?”ucap risky.
“loh,kamu kan sudah punya aliya?”ucap sari
“aku tau kok,sebenarnya aku tuh pacaran sama aliya Cuma mau dekatin kamu aja kok”ucap risky.
“tapi aku belum bisa jawab sekarang!”ucap sari sambil melepasakan tangannya dari genggaman tangan risky.
“gak papa kok,aku bersedia nunggu sampai kapan pun”jawab risky
Hari pun semakin sore,matahari sudah berada di sebelah barat dan tinggal setengah lingkaran,rasa dingin sudah mulai menyelimuti tubuh sari
Setelah pulang bertemu dengan risky,sari pun langsung masuk ke kamarnya.
“gimana ya ,aku gak suka sama risky,lagian juga aku gak mau menjadi penghianat bagi persahabatanku sendiri”ucap sari bimbang.
Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul tujuh malam,tika bergegas pergi ke rumah novi untuk menjemputnya dan pergi ke rumah ku.
Sesampainya di rumahku,ia langsung menyuruh novi masuk ke dalam mobilnya untuk mempercepat waktu.
“lama banget sih sar?”tanya novi
“sory tadi aku ketiduran,jadinya lupa deh!”jawab sar.
“oh….”ucap novi
“al,aku boleh nanya sesuatu gak?”tanya sari.
“tanya apa sih,tanya aja kita kan sahabat pasti boleh dong?”jawab novi
“kamu masih suka sama risky yah?”tanya tika dengan ragu
“kok pertanyaannya aneh banget sih,ya masih lah!”jawab novi
“gak sih,Cuma mau tau aja”ucap sari
Tak terasa mereka sudah sampai di depan rumah ku.mereka pun bergegas keluar dari mobil dan mengetuk pintu depan rumahku.
Tiba tiba sesosok perempuan keluar dan itu adalah bunda ku.
“malam tante,ada zeinya?”tanya sari
“eh ada sari sama novi ,ada tuh lagi di kamar,masuk aja”ucap bunda ku
“makasih tante”ucap novi
Mereka langsung masuk menuju kamar ku yang ada di lantai atas.
“iva….iva…”teriak sari dan novi
“iya masuk sini”ucap ku dari balik tirai kamarnya
Mereka pun masuk kamaru ku yang dipenuhi warna biru dongker itu.
“va,emangnya benar yah kamu mau pindah?”tanya sari
“iya,aku ikut nyokopku dia tugas disana jadi sekalian deh”ucap ku
“jadi gimana dengan persahabatan kita?”Tanya novi dengan nada sedih
“kita kan masih bisa komunikasi lewat sms,telfon,BBM,kan juga bisa”ucap ku sambil menyemangati dua sahabatku
“tapi kita jarang ketemu,gak bisa latihan lagi dong?”tanya sari
“tenang kok sar,al aku pasti balik ke indonesia setiap ada hari libur,jadi kita bisa ngumpul bareng deh”ucap ku
“persahabatan kita gak lengkap tanpa kamu zein,kita jadi kehilangan orang yang paling yang cerewet deh?”ucap sari sambil menangis
“udah,gak usah nangis,aku Cuma mau titip persahabatan kita jangan sampai terputus yah,kalian juga jangan lupain aku yah?”ucap ku
“va,kita akan slalu bersama,meskipun jarak yang sangat jauh memisahkan kita,tapi dihati,kita sangat dekat banget”ucap novi
“yaudah,tos dulu yuk,me and you best friend forever,ye”ucap sari
“yaudah kita pulang dulu yah”ucap novi
“iya,nanti kalau aku udah sampai singapur ku kabari yah,da?”ucap ku
Sari dan novi  pun bergegas pulang dan istirahat dirumah mereka masing masing,dua minggu berlalu tanpa ku,persahabatan mereka baik baik aja.
Malam harinya,sari lagi termenung di dalam kamarnya yang berpola ungu.
Tiba tiba hp tika berdering dan menunjukkan nomor risky.
“halo….ada apa ris?”ucap sari dalam telfon
“eh tika,gimana udah punya jawabannya kah?”tanya risky
“ih aku gak bisa ngomong di telfon!”jawab sari
“yaudah,besok sehabis pulang sekolah kita ketemu di taman samping sekolah yah?”ucap risky
“iya deh”jawab sari
Keesokan harinya,matahari pagi menyinari sekolah mereka,sari sudah terlihat duduk di depat kelas bersama novia.
“sar,pulang sekolah ada acara gak?”tanya novi
“ada sih,di taman,emangnya ada apa?”jawab sari
“gak deh gak jadi”ucap novi.
Bel pun telah berbunyi,pelajaran mereka telah dimulai seperti hari hari biasa.tak terasa waktu telah menunjukkan pukul satu siang dan waktunya untuk pulang dari sekolah. Sari  pun langsung bergegas menuju taman di samping sekolahnya.dana sudah terlihat risky yang sudah menunggunya.
“hai risky”ucap sari
“eh, kamu silahkan duduk”ucap risky sambil bergeser agak ke kanan
“sorry yah jadi nunggu lama”ucap sari
“gak papa kok,eh apa jawabannya kamu mau gak jadi pacarku?”tanya risky sambil memegang tangan sari
“tega yah kamu sar…………!”teriak novi dari depan mereka dan langsung berlari sambil menangis.
“al…tunggu….aku bisa jelasin semuanya!”teriak sari
Sudah satu bulan Semenjak kejadian itu novi dan sari tidak pernah teguran apalagi sampai jalan bersama.disebuah mall tiba tiba sari bertemu dengan novi.
“nov…nov tunggu al aku mau jelasin semuanya nov?”ucap tika sambil mengejar novi
“mau apa kamu?gak ada yang perlu di jelasin lagi!”novi menjawab dengan sangat kasar.
“nov…..ini Cuma salah paham aja…kenapa persahabatan kita jadi seperti ini,kan kasihan zein nov?”ucap sari
“siapa yang mulai duluan,kamu kan.kamu yang melanggar aturan di persahabatan kita,dasar muna!”ucap novi sambil bergegas meninggalkan sari
“novi…….tunggu”ucap tika sambil menangis dan terduduk di lantai mall itu
Sari  segera bergegas pergi meninggalkan mall itu,lalu ia masuk kedalam mobil dan membuka kotak yang berisi fotonya dan novi.
“nov…andai saja kamu tau..aku gak pernah punya niat untuk merebut risky dari kamu apalagi sampai suka sama dia itu gak mungki al”ucap sari sambil meneteskan air mata.
Tiba tiba hp tika berdering dan menampilkan nomor ku.
“halo…zein?”ucap sari di telfon.
“iya sar…sar kamu lagi ada masalah sama novi kah?”tanya ku
“iya nih iva…aku juga lagi bingung”ucap tika
“emangnya masalahnya apa sih?”tanya ku
“ceritanya panjang banget…gak bisa lewat telfon”ucap sari
“yaudah,sekarang kita kemu di restoran biasa yah?”ajak ku
“loh..emangnya kamu ada di indonesia?”tanya sari
“iya…aku baru pulang kemarin,cepat sudah aku tunggu di sini!”jawab ku
“oke….”jawab sari terburu buru
Sesampainya di restoran yang di maksud,sari langsung menghampiri ku yang sedang duduk di sebelah kanan.
“iva….kamu apa kabar?”teriak sari
“tika….aku baik baik aja kok,ih kamu berubah yah tambah manis aja?”gombal ku.
“bisa aja deh kamu…”ucap sari
“jadi gimana masalahnya?”tanya ku
“gini loh…kan risky itu nembak aku di taman samping sekolah,terus novi itu liat,padahat aku gak punya niat sama sekali loh untuk ngerebut apalagi melanggar peraturan persahabatan kita kan,tapi dia salah paham gitu”jelas sari
“loh emangnya kamu belum jelasin ke dia?”tanyaku
“aku sudah sering kali berniat mau menjelaskan,tapi dia selalu saja tidak mau mendengarkan”keluh sari
“yaudah aku sekarang mau pergi ketemu novi dulu yah,sebaiknya kamu jangan ikut dulu tunggu aja sampai suasananya tenang”ucap ku
“oke..deh”jawab sari
Aku  pergi ke tempat ia janjian bersama novi.dal langsung menghampirinya.
“iva….apa kabar?”teriak nov dengan kaget
“baik…baik aja kok”jawab ku
“eh kamu ada masalah sama sari yah?”tanya ku
“udah deh gak usah ngomongin penghianat satu itu,bosen tau”ucap novi dengan kasar
“aku sudah tau semuanya kok,maaf yah bukannya mau membela sari,tapi aku tau semua jalan permasalahan kalian.tika bukan berhianat tapi dia belum menerima risky kok”ucap ku
“iya aku tau aku seperti anak kecil banget,oke deh aku mau baikan sama dia lagi”ucap novi.
“gitu dong itu baru namanya sahabat,yuk kita samperin samping di restoran samping”ajak ku.
“ayo”jawab novi
Sesampainya di restoran novi langsung meminta maaf kepada sari.
“sari…aku minta maaf yah selama ini aku gak mau dengarin penjelasan kamu dulu”ucap novi sambil memeluk sari.
“iya kok al,gak papa jadi kita bertiga sahabatan lagi dong?”tanya sari
“tos dulu yuk,me and you best friend forever,ye…”teriak ketiga ini.
“ngomong ngomong gimana yah kabarnya si risky itu?”Tanya novi
“gak tau ah,gak penting yang penting persahabatan kita lagi”jawab sari
“dan yang penting aku tetap di indonesia”ucap zein
“ye jadi kita bisa sama sama lagi kayak dulu dong?”jawab sari dan novi
“yes yes yes yes…………….”teriak  kami ini sambil melompat bersama
Amanat :
Jangan pernah menghianati seorang sahabat sendri gara- gara seorang lelaki , belum tentu seorang laki- laki itu menyanggi mu sama dnga sahabatmu sendri dan belum tentu dia bisa membantumu apabila kamu mempunyai masalah . tetapi seorang sahabat selalu ada apabila kita sedi maupun senang dia selalu ada .

Nama : M. zaenalsaori

0 komentar:

Posting Komentar